Mau Lebih Mudah Cari Dana Kampus Buat Bikin Acara? Cek Caranya Di Sini Yuk!

Seperti yang kita tahu, fundraising atau penggalangan dana biasa dilakukan untuk berbagai keperluan seperti acara kampus, sekolah atau kegiatan sosial lainnya. Namun, nyatanya cari dana kampus untuk acara tidaklah mudah, lho. Tentu harus melakukan berbagai upaya kreatif yang bermanfaat bagi orang lain, agar ide cari dana kampus tersebut bisa menjadi aksi nyata. 

Cari Dana Kampus Buat Bikin Acara
Ilustrasi uang/dana. Gambar: Freepik/@tyasindayanti


Berikut beberapa kegiatan kreatif yang bisa dilakukan saat cari dana kampus untuk bikin acara. 

Kegiatan Kreatif yang Bisa Dilakukan Saat Cari Dana Kampus untuk Acara

1. Bekerjasama dengan Muda Berdaya untuk Mendapatkan Sponsor

Kegiatan kreatif pertama adalah dengan bekerjasama Muda Berdaya. Melalui platform ini kamu bisa mengembangkan kreativitas di komunitas anak sekolah dan kampus, serta lebih mudah terhubung dengan brand atau perusahaan apapun untuk memenuhi kebutuhan kegiatan kampus. 

MudaBerdaya
MudaBerdaya


Selain itu, melalui mudaberdaya.id pihak brand dan perusahaan juga lebih mudah mendapatkan keuntungan karena dapat memberdayakan anak muda untuk memenuhi objektif bisnis sesuai tujuan. 

2. Kegiatan Bakat Seni

Kegiatan kedua adalah menunjukkan bakat seni, ini cocok bagi kamu yang memiliki kemampuan menyanyi, main musik, atau melukis. Bila kemampuanmu menyanyi, maka bisa cari dana dengan bernyanyi di beberapa tempat keramaian. Selain itu, bagi yang memiliki kemampuan melukis, bisa menawarkan jasa mereka kepada orang lain. 

3. Kegiatan Berjualan Makanan

Kegiatan ketiga adalah berjualan makanan. Ini memang menjadi salah satu cara untuk mencari dana yang paling umum dilakukan. Kamu bisa berjualan makanan dengan berkeliling ke area sekolah atau kampus.

4. Kegiatan Berjualan Minuman

Jual Makanan
Ilustrasi buka kedai dan jualan makanan. Gambar: Freepik/@odua


Kegiatan keempat hampir sama dengan kegiatan menjual makanan, minuman juga memiliki peluang yang cukup besar untuk mendapatkan dana lho. Ada berbagai jenis minuman yang bisa dijual seperti es teh, kopi, es buah, es campur, jagung susu keju, jus buah, jus sayur dan lain-lainnya. 

5. Kegiatan Berjualan Kaos

Kegiatan kelima adalah berjualan kaos. Ini sangat cocok dilakukan untuk cari dana kampus bagi kamu memiliki kenalan yang  berbisnis konveksi. Selain itu, kamu juga bisa membuat open order untuk kaos yang didesain khusus. Dengan begitu, keuntungan penjualan pun bisa bertambah untuk keperluan acara kampus. 

6. Kegiatan Berjualan Bunga

Kegiatan keenam, berjualan bunga pada saat momen wisuda, sidang proposal, atau acara-acara kampus  lainnya. Umumnya, penjualan bunga cukup menguntungkan jika berada di kalangan kampus. 

7. Buka Jasa untuk Desain

jasa desain
Ilustrasi graphics designer. Gambar: Freepik/@rawpixel.com


Kegiatan ketujuh, membuka jasa untuk desain bagi kamu yang memiliki kemampuan di bidang ini. Biasanya banyak orang membutuhkan jasa desain untuk berbagai keperluan seperti promosi bisnis, publikasi acara dan lain-lainnya. 

8. Kegiatan Berjualan Barang Bekas yang Kondisinya Masih Bagus 

Kegiatan kedelapan, berjualan barang bekas yang kondisinya masih bagus. Sebelum membuka tempat, kamu bisa kumpulkan barang-barang bekasnya terlebih dahulu dengan open donasi. Kemudian, pilih barang mana yang kondisinya masih bagus dan memang layak untuk dijual, ya. 

9. Mengadakan Biaya Pendaftaran untuk Perlombaan Tertentu

Kegiatan kesembilan, mengadakan biaya pendaftaran untuk perlombaan tertentu. Kamu bisa mencoba menggunakan cara ini untuk menambah dana ketika akan menggelar sebuah acara di kampus maupun sekolah. 

Itulah penjelasan seputar beberapa kegiatan yang bisa dilakukan dalam cari dana kampus untuk membuat sebuah acara baik skala kecil maupun besar. Jadi, tunggu apalagi? Seperti penjelasan yang telah disebutkan di atas, bagi kamu yang tertarik untuk mendanai sebuah acara kampus yuk gabung atau berkolaborasi dengan Muda Berdaya. 

Melalui platform ini kamu bisa mulai terhubung dengan berbagai brand atau perusahaan ternama saat akan cari dana kampus untuk bikin acara. Muda Berdaya adalah sebuah wadah yang mampu memberdayakan kreativitas sekaligus menggerakan Anak Muda secara massal, lho.

Post a Comment

Previous Post Next Post