Viral Oknum Ormas Hina Warga Betawi sampai Ratusan Jawara Turun Tangan, Ini Faktanya

Artiqel - Sebuah video dari oknum ormas viral di media sosial. Dalam video itu, oknum diduga menghina suku Betawi di Kota Bekasi, Jawa Barat.

Dalam sebuah tayangan yang diunggah di akun Instagram @guebekasinews, Kamis (14/10) kemarin, sang oknum mengenakan atribut ormas lengkap. Ia mempersekusi seseorang yang diduga mengambil sesuatu tanpa izin di lokasi proyek.

Saat menginterogasi pria yang dituduh mencuri itu, oknum ormas menantang atasan pria itu. Dengan nada mengejek, oknum ormas tersebut menjelek-jelekan suku Betawi.

Tak lama berselang, video ini viral. Menanggapi aksi oknum ormas tersebut, ratusan jawara Betawi yang berasal dari Bekasi emosi.

Berawal dari Interogasi Terduga Pencuri

Hina warga Betawi
Sumber : merdeka.com

Dalam tayangan yang juga beredar di akun @jakartabersuara itu, oknum yang diketahui bernama Venus melakukan interogasi kepada seorang pria yang diduga melakukan pencurian.

Saat ditanya, pria yang dituduh mencuri itu menyebut jika dirinya suruhan, dari seseorang yang bernama Gondo. Kemudian oknum ormas langsung mengancam dan mengatakan jika ia tak takut dengan Gondo walau pribumi sekalipun, dan hendak membacoknya.

"Yang lu ambil alat besi apa alat berat? apanya yang disuruh diambil? Ini Gondo yang nyuruh? awas lu ya, ini gua telepon. Bilang sama Gondo, gua bacok gitu. Biarpun lu orang Betawi gua gak takut," ucap oknum ormas kepada pria yang diduga mencuri di lingkungan proyek, kawasan Galaxy, Bekasi Selatan, Kota Bekasi itu.

Menyebut Warga Betawi Bodoh

Tak usai sampai di situ, okum ormas juga menendang pria tersebut sembari mengancam sosok Gondo yang disebut sebagai dalang di balik pencurian. Bahkan oknum itu turut menyebut jika warga Betawi itu bodoh. Karena ucapannya ini, ratusan anggota ormas lain dan para jawara Betawi di Bekasi, naik darah.

"Bilang dari Venus, walaupun lu orang pribumi, orang Betawi gua nggak takut, hadapi gua bilang. Suruh datang malam ini dia, lu bawa semua orang orang Betawi. Orang Betawi itu bodoh, kata gua," ucap si oknum ormas.

Ratusan Jawara Turun Tangan


Sementara itu, melansir laman @jakartabersuara pada Jumat (14/10), video lain beredar dan menampilkan ratusan jawara serta organisasi masyarakat Betawi turun ke jalan.

Dalam unggahan itu, menjelaskan jika ratusan jawara Betawi itu merasa terhina dengan ucapan si oknum. Mereka bergerak menuju kantor Polres Metro Bekasi Kota, Kamis (14/10/2021) untuk melaporkan penghinaan suku tersebut.

"Oknum ormas menghina Suku Betawi memicu ratusan jawara Bekasi lapor ke Polres Metro Bekasi Kota. Mereka merasa terhina dan dicemarkan nama baiknya oleh salah satu oknum anggota ormas," tulis pemilik akun di keterangan video.

Direspons Tokoh Betawi

Kasus penghinaan suku ini juga direspons oleh salah satu tokoh Betawi, Baba Damien Sada. Berdasarkan keterangan yang diunggah di Instagram @info_betawi, Baba Damien mengatakan jika dirinya bersama ormas-ormas Betawi telah melaporkan kasus ini ke Mapolres Metro Bekasi Kota.

Dalam laporan yang dibuat bersama dengan ormas Betawi, pihaknya melaporkan pencemaran nama baik Suku Betawi yang ada di video tersebut. Namun, ia bersama tokoh Betawi lain menyerahkan sepenuhnya kepada pihak yang berwenang, agar bisa diselesaikan secara hukum dan tidak berlarut-larut.

"Jadi ini sebelumnya ada oknum ya, dan saya bilang ini perbuatan tidak menyenangkan kepada orang Betawi. Jadi jangan sampai ini berlarut larut sampai membesar. Jadi karena ini negara hukum, ya kita serahkan semua kepada hukum. Gitu aja," ujarnya.

Sudah Meminta Maaf

Berdasarkan informasi terakhir yang diperoleh, oknum ormas bernama Venus itu diketahui sudah meminta maaf melalui Laskar Adat Betawi yang dipimpin Baba Damien Sada.

Disebutkan, Venus telah meminta maaf atas tindakannya menyebut warga Betawi bodoh.


Sumber : merdeka.com

Post a Comment

Previous Post Next Post