Rahasia Kelezatan Nasi Tutug Oncom Khas Tasikmalaya, Kamu Harus Coba!


Kamu pernah berkunjung ke kota Tasikmalaya? Bagaimana menurut kamu tentang kota yang dijuluki sebagai kota santri tersebut?

Ngangenin, ‘kan? Tentu saja bikin kamu kangen, karena kota Tasikmalaya selain terkenal sebagai kota santri, juga terkenal memiliki beragam kuliner khas Sunda yang mampu memanjakan lidah dan membangkitkan selera makan kamu.

Salah satu makanana khas yang berasal dari kota Tasikmalaya yang bisa bikin kamu mau datang kembali ini adalah nasi TO alias nasi tutug oncom.

Sekilas tidak ada yang istimewa dari nasi tutug oncom ini. Tampilannya sederhana baik dari cara penyajian, bentuk dan bahannya.

Kamu penasaran kan kenapa nasi tutug oncom ini begitu terkenal sehingga mampu menjadi salah satu daya tarik dari kota Tasikmalaya ini. Ini dia rahasianya, Guys!


1. Nasi Putih Panas


Nasi putih yang menjadi bahan pokok harus dalam keadaan masih panas ketika dicampurkan dengan remah oncom dan bumbu lainnya supaya remah oncom dan bumbunya mudah menyerap.

2. Wangi Khas Kencur


Kencur merupakan rempah yang wajib ada dalam nasi tutug oncom ini. Selain menambah aroma khas, ternyata kencur juga memberikan rasa unik pada nasi tutug oncom ini yaitu pedas dan gurih.

3. Remah Oncom


Guys, ternyata oncom ini merupakan makanan asli Indonesia tepatnya dari Jawa Barat. Beberapa penjual nasi tutug oncom di Tasikmalaya secara khusus selalu memesan oncom dari daerah Singaparna yang merupakan bagian dari kota Tasikmalaya.

Oncom yang dilebur dengan nasi panas ini sebelumnya harus dicampurkan bumbu pelengkap seperti bawang putih, bawang merah, kencur, garam, dan bumbu pelengkap lainnya.

4. Sambal Goang


Sambal goang ini merupakan racikan dari cabai merah, cabai rawit, tomat, dan bawang. Rasa yang dihasilkan asam pedas yang segar tentunya, Guys.

5. Ikan Asin Bolocot


Ikan asin ini tidak dapat dipisahkan keberadaannya dari nasi tutug oncom ini. Panas yang terasa di mulut dari pedasnya kencur dan sambal goang mampu diredam ikan asin ini. Apalagi disusul dengan menyantap lalapan timun, kemangi, dan leunca. Yummy, Guys!

6. Lauk Pendamping


Nah … yang tidak boleh dilewatkan ketika menyantap nasi tutug oncom ini adalah lauk pendamping. Kamu boleh memilih bakwan, tempe, tahu, telur ceplok, dan kerupuk.
Itulah rahasia kelezatan nasi TO alias nasi tutug oncom Tasikmalaya, Guys!

Yuk, ah, urang berangkat ka Tasik!

Sumber : takaitu.id

0 Obrolan seru!

Post a Comment